exclusivemails.net

Minggu, 02 Agustus 2009

Pengantar Jaringan computer

Kemajuan teknologi computer saat ini semakin mengesankan. Seiring kemajuannya pemanfaatan computer juga semakin banyak, tidak hanya computer yang berdiri sendiri(stand alone), tetapi teknologi jaringan computer juga telah menjadi sesuatu yang sangat penting.

Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa computer dan peralatan lainnya yang saling terhubung satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling berkomunikasi.

Berikutnya,kenapa computer perlu saling dihubungkan????
Tujuan dibangunnya suatu jaringan computer adalah seperti berikut:
1. Berbagai pakai sumber daya (sharing resources)
Tujuan utama pembuatan jaringan adalah dapat melakukan sharing resources. Sumber daya yang dapat dibagi bersama dalam jaringan diantaranya printer, scanner, hardisk, CD-ROM dan sebagainya tanpa harus memindah-mindahkan peralatan yang dimagsud ke computer yang akan menggunakannya. Selain berbagi sumber daya berupa hardware dalam jaringan juga memungkinkan untuk berbagi sumber daya software seperti file yang bisa diakses secara bersama, ataupun beberapa software tertentu seperti software database dan sebagainya.

2. Setralisasi administrasi dan keamanan
Dalam jaringan kita dapat melakukan pemusatan penanganan administrasi dan keamanan jaringan itu sendiiri. Tugas ini adalah kewajiban seorang administrator jaringan. Pengamanan jaringan dilakukan dengan misalnya memberikan password user, membatasi hak akses user dan sebagainya.

3. Akses internet bersama-sama
Jika salah satu computer dalam jaringan memiliki akses internet maka computer lain yang ada dalam jaringan tersebut juga dapat mengakses internet dengan satu account ISP yang sama.

4. Komunikasi
Dengan teknologi jaringan komunikasi dapat lebih mudah dilakukan.

Untuk mencapai tujuan secara bersama-sama semua pihak yang terlibat dalam jaringan harus dapat melayani dan memberikan layanan kepada anggotanya. Pihak yang member layanan disebut server sedangkan pihak yang menerima layanan disebut client.
Berdasarkan cara koneksinya jaringan computer dibedakan menjadi:
Client-server
Pada jaringan client-server ada computer khusus yang bertindak sebagai server (memberikan layanan kepada computer lain, istilahnya dedicated server), sedangkan computer yang lain bertindak sebagai client.

Peer to peer
Dalam jaringan peer to peer tidak disediakan server khusus, semua computer yang terhubung dapat menjadi server ataupun client secara bersama-sama. Untuk membedakan yang mana server dan yang mana client kembali ke pengertian client (yang menerima layanan) dan server (yang memberikan layanan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar