exclusivemails.net

Senin, 03 Agustus 2009

Pengenalan Computer

Kata computer berasal dari bahasa latin yaitu computare, yang secara harfiah berarti menghitung. Seiring perkembangan teknologi, computer saat ini tidak hanya digunakan sebagai mesin hitung tetapi sudah meluas ke hal-hal yang lebih komplek seperti mengolah serta menyimpan data. Menurut beberapa ahli, computer dapat diartikan sebagai berikut:

1.Menurut Hamacher , computer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2.Menurut Blissmer , computer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
• menerima input
• memproses input tadi sesuai dengan programnya
• menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
• menyediakan output dalam bentuk informasi

3.Sedangan menurut Fuori berpendapat bahwa computer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Cara kerja computer dapat digambarkan seperti berikut:


Rinciannya kira-kira seperti berikut:
a.Input Device
Peralatan yang dipergunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam computer. Contohnya keyboard, mouse, scanner, digital camera, microphone dan sebagainya.

b.Output Device
Segala macam peralatan yang digunakan untuk menampilkan data hasil pengolahan atau perintah yang diberikan kepada computer. Contoh alat ini adalah monitor, printer, speaker dan sebagainya.

c.I/O Port
I/O port atau Input/Output port merupakan pintu penghubung antara computer dengan dunia luar. Port ini digunakan untuk mengirim data keluar ataupun masuk ke dalam sistem computer. Peralatan I/O terhubung melalui port-port ini.

d.CPU
CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sistem computer. CPU menangani semua proses yang terjadi dalam sistem. CPU memiliki 2 fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) yang mengerjakan operasi aritmatika dan Control Unit (CU) yang mengontrol kerja sistem.

e.Memory
Memory terdiri dari internal memory seperti RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam alat penyimpanan data seperti hardisk, floppy disk (disket) dan optical disk (CD,DVD).

f.Control Bus
Control bus adalah jalur yang digunakan oleh CPU untuk mengirimkan sinyal-sinyal control untuk akses ke data bus dan address bus.

g.Data Bus
Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem computer. Karena pada suatu saat satu jalur data hanya dapat membawa 1bit data maka jumlah data bus menentukan banyaknya bit data yang dapat ditrasfer dalam satu waktu. Lebar data bus menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.

h.Address Bus
Address bus merupakan jalur alamat untuk menandakan lokasi sumber atau tujuan pada proses transfer data. Melalui jalur ini CPU mengirimkan alamat memory yang akan dibaca atau ditulisi. Address bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem, sebagai contoh address bus 20bit berarti CPU dapat mengalamatkan 2^20 atau 1048576 alamat (1MB).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar